Image Alt

Tentang

SMPIT AR-RUDHO

Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.
14

Ekstrakurikuler

56

Tenaga Kependidikan

vision SMPIT AR-RUDHO

VISI

Terbentuknya generasi muslim yang cerdas, berprestasi, bertakwa, berakhlak mulia serta berdaya guna bagi Agama, Bangsa dan Negara.

mission SMPIT AR-RUDHO

MISI

  1. Melakukan pengelolaan sekolah dengan pelayanan pendidikan yang berkualitas, integratif dan bernuansa Islami.
  2. Melaksanakan kegiatan akademik berorientasi unggulan.
  3. Mengintensifkan rangkaian kegiatan non akademik bernilai budaya kompetitif dan sportifitas.
  4. Membina dan mengembangkan potensi, minat, bakat dan ketrampilan secara terukur.
  5. Menerapkan akhlakul karimah dan ibadah shohihah dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Menyelenggarakan Tahsin-tahfidz Al Quran  dengan menggunakan metode Yanbua.
  7. Memantapkan pembiasaan ber-dwibahasa dan gemar membaca.
  8. Menanamkan semangat juang kepada anak didik dalam  praktek pembinaan prestasi dan kepemimpinan untuk menjadi teladan, tangguh, toleran dan berdaya guna.
  9. Membangun sinergi dengan setiap pemangku kepentingan pendidikan terkait.
  10. Berperan aktif dalam pelestarian lingkungan dan peduli kemanusiaan.
  11. Melakukan aktualisasi pembinaan dan pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
  12. Melakukan studi banding ke unit pendidikan lain yang berkualitas dan  berprestasi.
SMPIT AR-RUDHO

UNGGULAN

unggulan

Tahfiz, Tahsin Al-Qur’an

Al Qur’an harus dipelajari bacaannya

Al Quran itu harus dibaca dan didengarkan

Al Quran harus dihapal

Al Quran harus dipahami maknanya,

Al Quran harus dikaji Tafsirnya

Al quran harus diikuti, diamalkan dan didakwahkan

unggulan

Integrated Curicculum

Pelajaran dipusatkan pada suatu permasalahan dan dimana semua mata pelajaran dirancang dengan mengacu pada topic tertentu. Integrated Curriculum memiliki beberapa kelebihan dan manfaat, antara lain:

Segala permasalahan yang dibicarakan dalam unit sangat bertalian erat

Sangat sesuai dengan perkembangan modern tentang belajar mengajar

Memungkinkan adanya hubungan antara sekolah dan masyarakat

Sesuai dengan ide demokrasi, di mana siswa dirangsang untuk berpikir sendiri, bekerja sendiri, dan memikul tanggung jawab bersama dalam kelompok

Penyajian bahan disesuaikan dengan kesanggupan (kemampuan) individu, minat, dan kematangan siswa, baik secara individu maupun seccara kelompok

unggulan

Islamic Charater

Pendidikan agama yang merupakan landasan untuk membentuk karakter pada diri anak dengan penanaman nilai-nilai agama yang dijadikan sebagai rambu-rambu dalam melakukan berbagai hal serta menerapkan aktivitas rutin atau kegiatan pembiasaan sehari-hari disekolah.

Pendidikan Aqidah

Pendidikan Ibadah

Pendidikan Akhlak

unggulan

Bilingual System

Program bilingual dan bicultural dalam waktu lama secara konsisten, menggunakan dua bahasa dalam instruksi, belajar, dan komunikasi, dengan jumlah siswa yang seimbang dari kelompok kedua bahasa tersebut yang diintegrasikan.

Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku anak didik sebagaimana yang diharapkan.

Memilih system pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.

Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap tepat.

Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria standar keberhasilan

unggulan

Learning By Doing

Keterlibatan siswa tidak hanya sebatas fisik semata, tetapi lebih dari itu terutama adalah keterlibatan mental emosional, keterlibatan dengan kegiatan kognitif dalam pencapaian dan perolehan pengetahuan, penghayatan dan internalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap dan nilai. guru juga menkondisikan anak didik dengan menggunakan bentuk-bentuk pengajaran dalam konteks Learning by Doing, diantaranya :

Menumbuhkan motivasi belajar siswa

Mengajak siswa beraktivitas

Mengajar dengan memperhatikan perbedaan individual

Mengajar dengan umpan balik

Mengajar dengan pengalihan

Penyusunan pemahaman yang logis dan psikologis

Metode Dan Model Pembelajaran Yang Mengarah Pada Learning By Doing

SMPIT AR-RUDHO

PEMBINAAN KEARAH UNGGULAN

Tartil Membaca Al-Qur’an dan Tahfizh 2 Juz
Bilingual, Praktek Dua Bahasa Asing (Inggris dan Arab)
Keterampilan dan Bakat Siswa dalam Seni dan Budaya
Pembinaan Siswa dengan Pola Khusus agar Memiliki Kemampuan Bersaing
Pengelompokan Siswa Berprestasi
Keterampilan dan Bakat Siswa dalam Seni dan Budaya
Pembinaan Leadership dan Kemandirian
Pengelompokan Siswa Berprestasi
Pembinaan Leadership dan Kemandirian
Mengembangkan Multiple Intelligence 9 Kecerdasan Majemuk yaitu:
    • Spiritual
    • Naturalis
  • Intrapersonal
      • Interpersonal
      • Kinestetis
    • Musikal
      • Visual-Spasial
      • Logis-Matematis
    • Linguistik