PERAYAAN HUT RI KE – 77

Setiap tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaan dengan berbagai kegiatan demi mengenang dan menghargai jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Jika dahulu Para Pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan segenap jiwa dan raga, maka kita sebagai generasi penerus Bangsa juga sudah sepatutnya mengisi kemerdekaan dengan hal – hal yang bermanfaat, dan turut aktif menyumbangkan pikiran, waktu, dan segala yang di miliki untuk turut berkontribusi memajukan, mencerdaskan, dan mempersatukan Bangsa Indonesia.


Ingatkah kita berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kemerdekaan Bangsa Indonesia, dimulai dari bulan Agustus tahun 1945 dimana posisi Jepang dalam perang Pasifik semakin mendekati kekalahan, Jepang pun kemudian menyerah kepada sekutu atas bom yang di jatuhkan pada kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Pada saat itu masyarakat Indonesia hamper tidak mengetahui bahwa Jepang menyerah karena pada saat itu semua radio di segel kemudian Soekarno dan Hatta mengabarkan bahwa Jepang berada di bawah ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.


Pada tanggal 10 Agustus 1945, para pemuda pejuang bawah tanah mendengar bahwa Jepang sudah menyerah kepada sekutu melalui siaran radio Sutan Sjahrir. Setelah itu disusul peristiwa rengasdengklok yang dipicu oleh perbedaan paham antara golongan muda dan tua sehingga para pemuda membawa Soekarno – Hatta ke rengasdengklok untuk menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang yang dimaksudkan untuk menekan Soekarno – Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan RI tanpa campur tangan Jepang yang kemudian peristiwa rengasdengklok berakhir setelah Soekarno – Hatta menyetujui untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.


Panjangnya sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia sudah sepatutnya membuat generasi muda Indonesia turut serta memperingati dan memeriahkan perayaan HUT RI setiap tahunnya.

Pada HUT RI yang ke – 77 di tahun 2022, SMPIT Ar-Rudho melaksanakan Upacara Bendera di pagi hari yang dilanjutkan dengan Sholat Duha berjamaah,dilanjutkan dengan kegiatan lomba – lomba seperti lomba basket, lomba berbalas pantun, lomba makan Kerupuk, lomba makan biskuit, lomba balap karung, lomba tarik tambang, lomba memindahkan air dan bola dengan gelas dan lomba menggambar tematik kemerdekaan, dan membuat video animasi bertemakan Kemerdekaan dengan puncak acara menampilkan tim tari saman, dan marawis dari SMPIT Ar-Rudho


Dirgahayu Indonesia ku yang ke – 77, Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat

Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354