Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  TIPS MEMILIH TEMAN YANG BAIK

TIPS MEMILIH TEMAN YANG BAIK

 

Berteman adalah salah satu aktivitas dan kebutuhan penting bagi semua orang, memiliki teman bisa membuat kita tumbuh dan berkembang. Teman juga memiliki peran besar dalam perkembangan dan kepribadian kita. Maka dari itu, memilih teman yang baik sangatlah penting karena teman yang baik dapat mengajak kita menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Memiliki teman baik juga dapat membuat kehidupan menjadi lebih berwarna. Kehadiran teman mampu meredakan stress dan rasa jenuh, karena dengan teman kita dapat membagi keluh kesah dan masalah yang tengah dihadapi kepada mereka yang kita percayai dengan baik serta dapat mensupprot dalam berbagai hal.

 

Dengan siapa kita berteman, dapat memengaruhi perilaku kita. Itulah sebabnya dalam memilih teman harus hati – hati. Karena jika salah pilih, bukan hanya membuat kita tidak menjadi pribadi yang baik namun akan merugikan kita juga. Berikut ini mari kita simak tips dalam memilih teman yang baik :

 

1.Semangat dalam belajar

Jika memiliki teman yang semangat dalam belajar, kita juga akan terpengaruh oleh semangat belajarnya tersebut. Dengan berteman dengan teman yang memiliki semangat belajar tinggi, kamu juga akan ikut semangat dan tentunya akan berefek positif pada prestasi di sekolah.

 

2. Memilih teman yang taat beribadah

Memiliki teman yang selalu melakukan dan menjaga ibadahnya dengan baik dan benar akan berpengaruh pada diri kita,  tentunya sangat tepat dijadikan sebagai teman. Karena perilakunya yang selalu taat beribadah, maka bisa membawa kamu menjadi pribadi yang taat. Terutama dalam menjaga kualitas ibadah.

 

3. Mengedepankan kejujuran

Berkata jujur menjadi sesuatu yang penting dalam hubungan apa pun termasuk di dalam pertemanan. Teman yang jujur sesungguhnya sangat bermanfaat. Ia akan memberi tahu kamu hal yang baik dan buruk. Selain itu, sosok teman yang mengedepankan kejujuran dalam Islam juga sangat membantu dalam membentuk karakter atau jati diri.

 

4. Memilih teman silahturahmi

Memiliki teman yang rutin menjalankan silaturahmi, yakni dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Jadi, milikilah teman yang selalu menciptakan kerukunan dan keharmonisan dengan senantiasa menyambung tali silaturahmi dengan siapa saja.

 

5. Menjaga Amanah dengan baik

Menurut Islam, memilih teman sebaiknya yang mempunyai sifat amanah. Apabila ia selalu menjaga amanah dengan bijak, pasti ia akan memperhatikan dengan baik apa yang dititipkan atau pun dipercayakan kepadanya, maka kita pun akan merasa aman dan nyaman saat memberikan kepercayaan terhadapnya.

 

Sobat Ar – Rudho itu tips dalam memilih teman yang baik, semoga kita semua bisa ditemukan dan dikelilingi oleh teman yang baik ya dan jangan lupa untuk selalu berbuat kebaikan agar kebaikan itu sendiri Kembali pada diri kita.

Untuk mengetahui kegiatan SMPIT Ar-Rudho selengkapnya dapat mengikuti akun Social Media berikut ini :

Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354