Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  Tips Agar Terhindar Dari Hal Yang Membatalkan Puasa  

Tips Agar Terhindar Dari Hal Yang Membatalkan Puasa  

Ketika sedang berpuasa tentunya tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi apapun baik dari makanan atau minuman hingga hampir 14 jam lamanya sampai saat waktunya berbuka. Mengingat banyak sekali faktor-faktor yang perlu diperhatikan baik dari segi makanan dan juga minuman yang akan dikonsumsi oleh kita untuk itu sudah sepatutnya kita menjaga pola makan dan kesehatan agar bisa menjalankan puasa Ramadan ini tetap lancer.

 

Selain menjaga Kesehatan dan pola makan juga kita harus memperhatikan kegiatan-kegiatan kita dari mulai aktivitas pagi hingga waktu berbuka itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Menjalankan aktivitas yang baik dan bermanfaat juga membuat kita menjalani puasa seharian tidak merasa bosan loh sobat Ar-rudho juga membuat puasa kita menjadi semakin maksimal, Karena itu Adapun beberapa tips agar tidak bosan dan terhindar dari segala hal-hal yang membatalkan puasa kita.

 

3 Tips agar terhindar dari hal-hal yang membatalkan puasa :

1. Memperbanyak ibadah

Dengan memperbanyak ibadah, maka akan banyak waktu untuk mengingat Allah, mengingat hukum-hukum Allah, dan mengingat kebaikan sehingga kita dapat terhindar dari perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Contohnya adalah ibadah yang bisa di lakukan adalah tarawih, membaca al-quran, bersedekah, beristighfar, mendengarkan dakwah.

 

2. Melakukan aktivitas produktif

Selain dengan beribadah, maka aktivitas produktif lainnya pun bisa dilakukan saat berpuasa. Adapun beberapa yang termasuk kegiatan aktivitas yang produktif dan tidak membuat kita dapat melakukan hal-hal buruk adalah sebagai berikut.

Contohnya adalah bisa dengan belajar, mengerjakan PR, dan membaca buku.

 

3. Menahan diri atau bersabar

Saat beraktivitas berbagai macam godaan kerap dating menghampiri. Sebab itu, cobalah untuk menahan diri dan bersabar dengan mengingat bahwa puasa adalah bagian dari ibadah. Cara ini bisa membantu kita untuk bertahan hingga waktu berbuka serta melatih agar kita menjadi pribadi yang penyabar.

Contohnya adalah perbanyak beristighfar, berwudhu, tidak membalas saat ada yang mencoba menguji kesabaranmu, hindari orang-orang yang berpeluang membuatmu marah.

 

Nah itu dia sobat Ar-Rudho tips agar terhindar dari hal-hal yang membatalkan puasa, semoga kita semua bisa menerapkannya saat sedang berpuasa seperti ini dan menerapkannya juga untuk kehidupan sehari-hari.

 

Untuk informasi lebih lanjut yuk ikuti Social Media berikut ini ya sobat

Ar-Rudho :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

Post a Comment