Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  Ramadan Belum Berakhir

Ramadan Belum Berakhir

Walau Ramadan telah usai, amal ibadah selama bulan Ramadan pun jangan usai. Karena kita masih bisa melanjutkan dan mengamalkan kegiatan saat Ramadan dibulan-bulan dan hari-hari lainnya. Agar kita tetap bisa mendapatkan berbagai pahala yang mengalir dari amalan yang kita kerjakan setiap harinya bukan hanya saat di bulan Ramadan saja.

Ketika kita tetap melakukan amalan yang baik untuk orang lain maka sama saja dengan kita telah menanam amalan yang baik juga pada diri kita sendiri. Hal tersebut juga sangat bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita, seperti contohnya adalah teman ataupun adik yang suka mencontoh segala perbuatan yang dilakukan oleh kerabat dan keluarganya terutama kakak.

Berikut ini terdapat beberapa amalan setelah bulan Ramadan yang tetap bisa kita lakukan :

 

1. Membaca Al – Quran setiap hari

Membaca Al – Quran bisa menjadi cara agar semangat ibadah setelah Ramadan tetap terjaga. Sekaligus melatih kemampuan membaca Al – Quran kita agar bisa lebih lancar dan khatamul Quran.

 

2. Memperbanyak Doa, Dzikir dan Sholawat

Cara agar semangat ibadah setelah Ramadan tetap terjaga adalah dengan perbanyak berdoa, berdzikir dan bersholawat setiap hari. Karena amalan ini merupakan amalan yang sangat baik dan bisa melindungi kita dari hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

 

3. Melakukan Puasa Sunnah

Ada macam-macam puasa sunnah yang bisa kita kerjakan :
– Puasa Syawal – Puasa Arofah
– Puasa Tarwiyah – Puasa Senin & Kamis
– Puasa Daud – Puasa Asyura
– Puasa Ayyamul Bidh – Puasa Sya’ban

 

4. Ajak Orang Lain Melakukan Hal Baik

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita tidak bMa hidup sendiri. Dengan mengajak orang lain melakukan kebaikan kita juga akan mendapatkan pahala yang sama dan tentunya kita juga akan lebih semangat dan istiqomah dalam mengerjakannya.

 

5. Menghidupkan Sepertiga Malam / Shalat Tahajud

Kita selalu melatih diri kita untuk bangun sahur. Dimasa pagi kita bisa terbiasa melakukan shalat malam, serta kebiasaan ini akan menjadi amalan yang baik apabila tidak pernah putus.

 

6. Perbanyak Sedekah Baik Tenaga, Harta & Karya

Dengan melakukan amal baik, itu bisa menunjukkan rasa syukur kita atas segala apa yang Allah SWT berikan pada hambanya. Dari tenaga yang kita gunakan untuk membantu orang adalah hal yang sangat berjasa, dari harta yang telah kita sumbangkan kepada yang membutuhkan adalah hal yang akan membantu kita kembali saat kita sedang kesusahan dan hasil karya yang kita berikan terhadap suatu pun akan menjadi hal yang sangat berharga juga bernilai.

Nah itu dia Sobat Ar-Rudho beberapa amalan yang bisa tetap kita lakukan meskipun Bulan Ramadan telah usai, semoga senantiasa kita semua bisa menjadi bagian dari orang-orang yang shaleh dan shalehah.

 

Untuk informasi lebih lanjut yuk ikuti Social Media berikut ini ya sobat
Ar-Rudho :
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

Post a Comment