Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  MEMAKNAI HARI POHON SEDUNIA DAN MANFAATNYA

MEMAKNAI HARI POHON SEDUNIA DAN MANFAATNYA

Peringatan Hari Pohon Se-dunia (World Tree Day) jatuh pada tanggal 21 November setiap tahunnya, hal ini diperingati oleh masyarakat baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. Karena mengetahui akan pentingnya pohon bagi kehidupan maka bagi siapapun akan sangat memaknai adanya hari pohon sedunia ini.

Begitu banyak manfaat menanam pohon untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya juga lingkungan sekitar. Adapun manfaat dari menanam pohon simak sebagai berikut :

1. Mendapatkan udara segar

Pohon dapat menyerap karbon dioksida serta gas-gas beracun lainnya di udara. Polusi yang dihasilkan dari kendaraan, seperti nitrogen oksida, ozon, dan karbon monoksida dapat diserap oleh pohon. Selain dapat menyerap gas beracun, pohon juga menghasilkan oksigen yang sangat penting untuk kehidupan di bumi. Sehingga, tak heran udara menjadi lebih segar jika terdapat pohon di lingkungan kita.

2. Mencegah bencana alam

Menanam pohon penting untuk mencegah bencana alam terjadi. Karena menanam pohon di sekitar area bantaran kali bisa mengurangi ketinggian banjir hingga 20 persen. Selain itu, menanam pohon juga dapat mencegah erosi tanah yang memicu bencana longsor. Sebab, pohon akan menahan tekanan air dari hujan lebat sehingga meminimalisasi longsor.

3. Mengurangi dampak perubahan iklim

Salah satu penyebab perubahan iklim ialah banyaknya kadar karbon dioksida di udara. Pohon bisa menyerap karbon dioksida secara signifikan dan melepas oksigen ke udara. Sehingga, dapat mencegah terjadinya perubahan iklim dan membantu kita bertahan hidup.

4. Menjaga populasi makhluk hidup

Satu batang pohon bisa menjadi rumah bagi puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup. Misalnya, burung, serangga, reptil, jamur, dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Tanpa adanya pohon, berbagai makhluk hidup itu akan kehilangan rumahnya sehingga berdampak pada kepunahan dan kelangkaan fauna.

Aktivitas yang bisa dilakukan dalam memperingati hari pohon sedunia adalah dengan menanam pohon di halaman sekitar rumah, berkebun dan bercocok tanam juga memelihara tanaman yang disukai, mulai dari beraneka jenis bunga, sayur, hingga buah dan menyiraminya setiap hari.

Semangat untuk melestarikan dan merawat tanaman serta pohon yang ada disekitar kita. Ikuti selengkapnya kegiatan SMPIT Ar – Rudho dengan follow media official kami berikut ini :

Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354