Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  MEMAHAMI HARI PRAMUKA DAN ORGANISASI KEPRAMUKAAN

MEMAHAMI HARI PRAMUKA DAN ORGANISASI KEPRAMUKAAN

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus, Tepat pada hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021 kemarin sebagai Bangsa Indonesia kita memperingati adanya Hari Pramuka Indonesia. Dimana Pramuka memiliki singkatan Praja Muda Karana yang artinya jiwa muda suka berkarya. Pramuka juga dijadikan kegiatan organisasi yang ada di setiap tingkat Pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Organisasi atau Kegiatan kepramukaan ini akan membantu melatih para siswa & siswi agar menjadi seseorang yang kreatif dan terampil dalam berbagai keadaan. Di mana organisasi ini pun akan membantu para pelajar mendapat bimbingan serta pengetahuan tentang kebangsaan dan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan.

Jika menjadi anggota pramuka ada banyak sekali kegiatan – kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari berpartisipasi mengikuti perlombaan, mengikuti perkemahan, penjelajahan, hingga mengikuti jambore di tingkat nasional maupun internasional. Setiap tahunnya seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Indonesia akan memperingati dan merayakan hari tersebut.

Pramuka juga memiliki lambang tunas kelapa yang diciptakan oleh seorang Pembina Pramuka, yaitu Bapak Sumardjo Armodipuro. Lambang ini digunakan sejak 14 Agustus 1961 saat Gerakan pramuka diperkenalkan, sejak saat itulah lambang tunas kelapa digunakan pada benda – benda Pramuka, seperti bendera, papan nama hingga lencana.

Gerakan Pramuka memiliki beberapa anggota yang terdiri dari Anggota Muda, dan Anggota Dewasa. Anggota Muda adalah Peserta Didik Gerakan Pramuka yang dibagi menjadi beberapa golongan di antaranya :
1. Golongan Siaga merupakan anggota yang berusia 7 s.d. 10 tahun
2. Golongan Penggalang merupakan anggota yang berusia 11 s.d. 15 tahun
3. Golongan Penegak merupakan anggota yang berusia 16 s.d. 20 tahun
4. Golongan Pandega merupakan anggota yang berusia 21 s.d. 25 tahun

Anggota yang berusia di atas 25 tahun berstatus sebagai anggota dewasa. Anggota dewasa Gerakan Pramuka terdiri atas:
1. Tenaga Pendidik
2. Pembina Pramuka
3. Pelatih Pembina
4. Pembantu Pembina
5. Pamong Saka
6. Instruktur Saka

Sobat Ar-Rudho semoga kita semua selalu Allah berikan kelapangan rizki, kemudahan dalam menjalankan sunnah – sunnah Nabi Muhammad SAW, sehingga kehidupan kita bisa lebih berarti dan mudah – mudahan adab dari etika makan dan minum bisa kita ikuti dalam kehidupan sehari – hari.
Untuk mengetahui kegiatan SMPIT Ar-Rudho selengkapnya dapat mengikuti akun Social Media berikut ini :
Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

Post a Comment