Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  MANFAAT GEMAR MEMBACA

MANFAAT GEMAR MEMBACA

MANFAAT GEMAR MEMBACA YANG PERLU DIKETAHUI

Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan seksama yang dilakukan untuk mengerti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis.

Membaca juga dapat mencegah penyakit Alzheimer, demensia dan dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%. Tentunya dengan jumlah sel otak yang masih bagus sangat mudah bagi siswa untuk menyerap informasi yang bermanfaat dari membaca. Selain menyehatkan otak, membaca juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan, menambah kosakata dan meningkatkan kualitas memori ingatan pada otak.

Agar gemar membaca kita harus menanamkan minat membaca dalam diri dan memahami banyaknya manfaat – manfaat yang bisa di dapat, adapun beberapa manfaat dari gemar membaca yaitu sebagai berikut :

1. Mengurangi Stress
Membaca dapat mengurangi stres yang sedang dialami. Karena membaca buku atau bentuk informasi yang lain dapat mengalihkan perhatian kita di dalam kehidupan nyata. Maka dari itu, penting bagi juga untuk memilih bacaan yang tepat.

2. Menambah Kosakata
Semakin banyak buku yang dibaca, semakin bertambah pula kosakata yang dimiliki dan cenderung lebih mahir dalam berbicara ketika memiliki banyak kosakata. Hal itu sangat berpengaruh dalam kehidupan pribadi, baik di sekolah ataupun di rumah. Hal itu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang dengan wawasan yang luas.

3. Meningkatkan Kemampuan Menulis
Sehubungan dengan poin sebelumnya, semakin banyak kosakata yang dimiliki, semakin baik pula kemampuan dalam menulis. Tentu saja manfaat membaca tersebut berpengaruh baik pada kualitas di sekolah atau diluar sekolah.

4. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analistis
Manfaat membaca berikutnya yaitu meningkatkan kemampuan untuk berpikir analitis dan menjadi lebih mudah untuk menggabungkan detail-detail dari suatu masalah. Dengan begitu, akan menjadi lebih mudah pula dalam mencari jalan keluar.

5. Mencegah Demensia
Manfaat membaca buku yang terakhir adalah mencegah demensia dan penyakit alzheimer. Kebiasaan itu dapat menjaga aktivitas otak sehingga energinya tidak hilang. Semakin sering dilatih, fungsi otak menjadi lebih kuat sehingga penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah.

Sobat Ar – Rudho itu dia banyaknya manfaat dari gemar membaca, Ayo kita sama – sama membiasakan kebiasaan membaca karena membaca sama dengan menanam ilmu dan Allah SWT menyukai hamba Nya yang berilmu.

Untuk mengetahui kegiatan SMPIT Ar-Rudho selengkapnya dapat mengikuti akun Social Media berikut ini :

Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

Post a Comment