Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  MANA YANG LEBIH PENTING MENCAPAI KESUKSESAN ATAU MENGELOLA KESUKSESAN

MANA YANG LEBIH PENTING MENCAPAI KESUKSESAN ATAU MENGELOLA KESUKSESAN

Sukses menurut islam adalah seseorang yang berhasil mewujudkan cita-citanya terutama dalam hal kebaikan dengan rasa kebahagiaan baik di dunia maupun diakhirat. Untuk menjadi sukses sebenarnya sederhana saja, dalam HR Ahmad, ath-Thabrani “Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”. Jadi kuncinya jadilah manusia yang memberi dampak positif dan bermanfaat kepada orang lain.

 

Kunci penting dari mencapai kesuksesan dan mengelola kesuksesan  ini penting untuk kita fahami agar kesuksesan yang sudah kita dapatkan juga dilimpahi oleh keberkahan. Berikut ini ada 5 tips meraih dan mengelola kesuksesan dengan baik :

 

1. Luruskan Niat

Apapun tugas dan pekerjaannya kita harus meluruskan niat. Karena jika kita sudah tancapkan niat dari hati untuk meraih kesuksesan dan meyakinkan diri untuk sukses baik di dunia maupun di akhirat semua akan terasa lebih mudah.

 

2. Beriman dan taqwa kepada Allah SWT

Jika ingin sukses pastinya kita harus mendekatkan diri pada Tuhannya. Karena dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT segala urusan dan keinginan kita insyaallah akan dipermudah.

 

3. Memiliki ilmunya

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim, orang yang sukses pasti memiliki ilmu. Seperti yang tertulis dalam syair Muhammad bin Al-Hasan bin Abdullah “Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya. Dia perlebihan, dan pertanda segala pujian, jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna.’’

4. Bersedekah

Dengan bersedekah sama saja kita sedang menabung seperti dalam QS. Al-Baqarah ayat 261 menyebutkan bahwa “orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh bangkai, pada setiap tangkai ada serratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui”

 

5. Bersyukur

Rasa syukur adanya nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita akan membuat kita meraih dan mengelola kesuksesan dengan baik. Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat berat”.

 

6. Silaturrahmi

Kunci sukses selanjutnya adalah silaturrahmi. Jangan sekali-kali memutuskan silaturrahmi pada sesama. Karena dalam (HR. Muslim) disebutkan “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.”

 

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan didalam hidupnya, namun yang membedakan antara satu dengan yang lain adalah dari cara – cara yang dilakukan. Hendaknya dalam meraih impian atau cita – cita selalu melibatkan Allah SWT sejak memulai, pada saaat menjalani hingga mencapai setiap keberhasilan yang mungkin diraih. Karena sejatinya kesuksesan itu dapat membuat kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT atas setiap proses kehidupan yang kita jalani.

 

Meraih dan mengelola kesuksesan adalah dua hal yang sama pentingnya yaitu dengan menambah nilai manfaat dari setiap keberhasilan yang kita capai yang dilandasi untuk meraih ridho Allah SWT.

Semoga Allah memberikan umur yang bermanfaat, kesuksesan yang membuat kita semakin dekat dengan Allah dan meluaskan manfaat terhadap sesama.

 

Semangat berprestasi dan meraih kesuksesan didunia dan diakhirat. Ikuti selengkapnya kegiatan Smpit Ar – Rudho dengan follow media official kami berikut ini :

 

Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354