Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  Keutamaan Membaca Al-Quran Setiap Hari

Keutamaan Membaca Al-Quran Setiap Hari

Al Quran merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Membaca Al Quran banyak memberikan manfaat karena di dalamnya terdapat petunjuk hidup di dunia yang berisi tentang berbagai hal, mulai dari masalah ibadah, amaliyah (perbuatan) manusia, hari akhir, kisah-kisah umat terdahulu, kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada rasul-rasul-Nya, sejarah, serta ilmu pengetahuan.

Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur. Tujuannya agar lebih mudah dipahami, dihafal, serta diamalkan. Cara seperti ini, maka Nabi Muhammad SAW akan memudah memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan yang diajukan oleh umatnya maupun orang-orang kafir.

Ada pun beberapa keutamaan membaca Al Quran ketika dibaca setiap hari. Mulai dari lebih berkah hidupnya dan dimudahkan segala urusannya. Penting bagi umat muslim memiliki waktu khusus untuk senantiasa membacanya. Karena beberapa keutamaan di bawah ini bisa didapatkan ketika membaca Al Quran, yaitu :

1. Mendapatkan pahala meskipun tidak lancar membacanya

Syarat membaca Al Quran tidak harus lancar dulu baru mendapatkan pahala. Tapi meskipun kamu masih terbata-bata dalam membacanya tetap akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Besarnya pahala membaca Al Quranyang akan didapatkan adalah sebanyak 2 pahala.

2. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

Seorang muslim yang senantiasa membaca Al Quran di rumah akan mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat. Terutama bagi seorang muslim yang mempunyai waktu khusus dalam kegiatan sehari-hari untuk membaca Al Quran ini. Dalam sehari tidak pernah terlewatkan hidup tanpa bacaan Al Quran.

3.Dapat membuat hati lebih tentram

Al Quran ini bisa membuat hati si pembaca menjadi tentram. Penting bagi setiap muslim ketika dihantui rasa cemas, takut dan sedih untuk banyak-banyak mengingat Allah salah   satu di antaranya yang paling mujarab adalah dengan membaca Al Quran ini.

4. Menyembuhkan penyakit

Ketika sakit sudah semestinya sebagai umat muslim untuk mencari obat penawarnya. Di antara obat yang manjur adalah dengan membaca Al Quran. Tentu ada cara tersendiri seperti dengan membaca Al Quran lalu ditiupkan ke air kemudian diminum.

5. Memperoleh kedudukan tinggi di syurga

Derajat bagi pembaca dan penghafal Al Quran sangat tinggi sekali. Bahkan bukan hanya di dunia kelak di surga juga akan memperolehnya. Disarankan apabila ingin mendapatkan derajat yang tertinggi ini dalam membacanya harus tartil. Paham akan tajwidnya dan tidak terburu-buru sehingga banyak kesalahan dalam membacanya.

6. Hatinya akan dikaruniai cahaya

Manfaat membaca Al Quran di rumah akan mendatangkan cahaya bagi si pembaca. Umat muslim yang rutin melafalkan Al Quran akan terhindar dari kegelapan kubur dan diringankan siksanya. Membayangkan saja mungkin sudah tidak sanggup. Keutamaan membaca Al Quran ini memang sangat luar biasa.

Demikian keutamaan dalam membaca Al Quran setiap hari, semoga kita semua bisa sama-sama mengamalkan nya dan menjadikan putra/putri kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.

Untuk informasi dan insyaallah pengetahuan yang bermanfaat dari Smpit Ar-Rudho bisa     dengan cara follow yuk social media Smpit Ar-Rudho berikut :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

 

Comments
Post a Comment