Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  Keutamaan Halal Bihalal di Hari Lebaran Idul Fitri

Keutamaan Halal Bihalal di Hari Lebaran Idul Fitri

Halal Bihalal atau saling bermaaf-maafan sering kita lakukan sebagai umat Islam saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang pasca lebaran.

 

Halal bihalal juga menjadikan bahwa Islam adalah agama toleransi, yang mengedepankan pendekatan hidup rukun dengan semua agama. Untuk selalu berbuat baik, memaafkan kesalahan orang lain dan sarana untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan sehingga tetap menjadi warna tersendiri bagi muslim di Indonesia.

Kegiatan halal bihalal baik Bersama keluarga atau Bersama teman sekolah saat ini dilakukan secara virtual online. Karena adanya pandemi yang sedang kita hadapi diseluruh dunia ini sehingga membuat kita tidak bisa melakukan halal bihalal seperti biasanya dengan bertatap muka dan saling berjabat tangan.

foto : shutterstock

Adapun maksud dan tujuan tradisi tersebut adalah sesuai hadits Nabi saw.

Dalam riwayat lain Rasulullah saw bersabda.

إِذَا الْتَقَيَا فَتَصَافَحَا تَحَاتَتْ ذُنُوْبُهُمَا

“Sesungguhnya apabila dua orang islam bertemu kemudian bersalaman maka gugurlah dosa dari keduanya.”

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَتَفَرَّقَا

“Tidak ada dua orang muslim yang bertemu kemudian bersalaman kecuali dosa keduanya diampuni oleh Allah swt sebelum mereka berpisah.” (HR. Tirmidzi)

Budaya silaturrahim atau saling berkunjung ke rumah saudara yang sudah menjadi tradisi dimasyarakat kita, hal itu merupakan perintah Allah swt sebagaimana firman-Nya.

وَالَّذِيْنَ يَصِلَوْنَ مَا أَمَرَ اللهُ بِهِ أَنْ يُوْصَلَ

“Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah swt perintahkan supaya dihubungkan (Yaitu mengadakan hubungan silaturahim dan tali persaudaraan)…” (QS. Ar Ra’d : 21)

Tentang keutamaan silaturrahim Rasul Saw. bersabda.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menghubungkan tali persaudaraan (silaturrahim).” (HR. Bukhori).

 

Sobat Ar-Rudho ini adalah keutamaan dari halal bihalal di hari lebaran idul fitri. Semoga senantiasa kita semua bisa menjadi orang-orang yang pandai bersilahturahmi dan saling berlapang dada untuk bermaaf-maafan.

 

Untuk informasi lebih lanjut yuk ikuti Social Media berikut ini ya sobat

Ar-Rudho :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

 

Post a Comment