Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  DOA ADALAH SENJATA ORANG BERIMAN

DOA ADALAH SENJATA ORANG BERIMAN

Allah SWT mencintai haambanya yang tidak pernah berputus asa dalam berdoa. Doa adalah senjata orang yang beriman, kekuatan doa dapat merubah sebuah takdir oleh karena itu kita diwajibkan sebagai hambanya untuk senantiasa tidak berputus asa dalam berdoa dan meyakini bahwa doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al – Ghafir ayat 60 : “Berdoalah kepadaku, niscaya akan aku perkenankan bagimu”.

Bagi sebagian orang, mengingat atau menghafal pelajaran, bukanlah perkara mudah. Namun, untuk membuatmu yakin kepada diri sendiri ada sekian banyak doa agar dimudahkan dalam menuntut ilmu, salah satunya doa “Rodhittu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw warasullah, rabbi zidni ‘ilman warzuqnii fahmaa” yang artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman yang baik.”

Maka dari itu perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT, bisa jadi harapan kita, doa kita dan permintaan – permintaan kita bisa terkabulkan. Dikarenakan Allah sangat menyukai hambanya yang berdoa dan memohon kepadanya dengan bersungguh-sungguh bahkan Allah bisa mengabulkannya lebih baik dari yang kita minta dan Allah akan mengangkat derajat orang – orang yang sering berdoa kepadanya. Karena itu, sebagai seorang muslim yakinlah pada diri kita bahwa Allah SWT senantiasa mendengar doa-doa yang selalu diucapkan hambanya.

Ada beberapa waktu mustajab dan di ijabahnya doa yaitu :
1. Saat puasa dan sedang berbuka puasa
2. Dalam keadaan bersujud
3. Disepertiga malam terakhir
4. Setelah selesai shalat wajib
5. Pada hari jumat
6. Malam Lailatulqadar
7. Saat sahur
8. Hari Arafah

Dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT, kita harus memperhatikan adab berdoa yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW sebagai berikut :
1. Berdoa dengan memuji nama Allah SWT
2. Berdoa diwaktu mustajab
3. Berdoa dengan menghadap kea rah kiblat
4. Melemah lembutkan suara ketika berdoa
5. Berdoa dengan penuh harap dan keyakinan

Sobat Ar-Rudho yang dirahmati Allah SWT, Yuk kita sama – sama rutinkan membaca Surah Al – Fatihah setiap hari setelah selesai mengerjakan shalat sebagai hadiah doa untuk diri kita dan orang – orang yang kita cintai. Semoga senantiasa kita bisa terus membagikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.

Yuk follow Social Media SMPIT AR-RUDHO sebagai berikut ya :
Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

Post a Comment