Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMPIT AR-RUDHO TAHUN 2021

ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMPIT AR-RUDHO TAHUN 2021

ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMPIT AR-RUDHO TAHUN 2021

ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMPIT AR-RUDHO TAHUN 2021

 

Asesmen nasional adalah bentuk evaluasi dari pemerintah untuk mengevaluasi mutu pendidikan yang ada di Indonesia baik dari tingkat dasar, menengah atau pun tingkat atas. Hal ini dengan menggunakan instrument assessment kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar. Kemudian Asesmen Kompetensi Minimum atau biasa disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam literasi membaca dan literasi matematika atau biasa kita kenal dengan numerasi.

Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter. Asesmen Nasional sangat berbeda dengan Ujian Nasional, hal ini terlihat langsung dalam praktek yang dilakukan. Ujian Nasional hanya fokus pada penilaian aspek kognitif siswa. Sementara, Asesmen Nasional sifat penilaiannya menyeluruh baik kognitif maupun non-kognitif bahkan hingga ke kualitas lingkungan belajar yang dimiliki setiap sekolah.

Bagi peserta ANBK yang ditingkat menengah pertama diambil dari siswa kelas 8, untuk itu di SMPIT Ar – Rudho sendiri peserta ANBK berjumlah 45 peserta utama dan 5 peserta siswa cadangan. Kegiatan ANBK sendiri diselenggarakan pada gelombang pertama yaitu pada tanggal 4 – 5 Oktober 2021 dihari senin dan selasa. Kegiatan ANBK ini memiliki 2 sesi dari mulai pukul 7.30 – 9.30. kemudian sesi keduanya berlangsung pukul 10.30 – 12.30, SMPIT Ar – Rudho sangat mendukung program pemerintah ini untuk mensukseskan program AKM atau ANBK.

Tujuan dari diadakannya program Asesmen Nasional ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Selain itu, hasil dari Asesmen Nasional nantinya berupa informasi yang dapat dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Termasuk juga mengidentifikasi kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan.

Sekian penjelasan tentang program ANBK yang dilaksanakan di SMPIT Ar -Rudho, semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan pengetahuan bagi kita semua ya 😊

Yuk ikuti kegiatan seru lainnya dan follow social media milik SMPIT Ar – Ridho berikut ini :
Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354