Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  Adab Sebelum Tidur Ala Rosullah SAW

Adab Sebelum Tidur Ala Rosullah SAW

Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Melalui tidur setiap orang bisa mendapat performa tubuh yang kembali bugar, sehat dan juga segar, apa lagi jika tidur ini dilakukan setelah lelah beraktifitas selama seharian. Mengenai aktivitas tidur bagi umat muslim sebaiknya tidak melupakan adab sebelum tidur seperti yang dianjurkan oleh Rasululah SAW.

Ada beberapa adab yang harus diperhatikan sebelum tidur, antara lain :

1. Tidur dalam keadaan berwudhu

Sebelum tidur sebaiknya kita berwudhu dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Al – Bara bin Azib, Rasulullah SAW bersabda : “Jika engkau mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhu lah seperti wudhu untuk sholat lalu berbaringlah pada posisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Berbaring pada posisi menghadap ke kanan

Tidur dalam posisi menghadap ke kanan secara medis bisa mengurangi resiko kegagalan fungsi jantung karena saat tubuh posisinya miring ke kanan jantung yang berada di bagian kiri tidak tertindih oleh organ lainnya.

3. Meniup kedua telapak tangan dan membaca beberapa surah

Sebelum tidur sebaiknya kita meniup kedua telapak tangan sambal membaca Al-Quran surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Lalu usapkan kedua telapak tangan kita kepada wajah kita.

4. Membaca ayat kursi

Membaca ayat kursi sebelum tidur dapat menghindarkan kita dari godaan syaiton serta mimpi buruk.

5. Membaca doa sebelum tidur

Membaca doa sebelum tidur, sebagaimana disebutkan dalam hadist HR. Bukhari “Bismillahirrahmanirrahim.
Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.” Artinya : Dengan namamu Ya Allah aku hidup dan dengan namamu Ya Allah aku mati.

6. Tidur sebelum larut malam

Sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebaiknya tidur tidak dilakukan pada larut malam, setelah shalat isya jika sudah tidak ada keperluan yang mendesak dianjurkan untuk segera tidur. Karena pada malam hari tubuh kita sedang menetralkan racun dan membutuhkan keadaan yang tenang. Namun, jika kita begadang maka proses tubuh tersebut tidak dapat berjalan lancar sebagaimana semestinya yang jika dilakukan secara terus – menerus dapat menyebabkan penyakit kanker.

Sebagai umat Rasulullah SAW kita wajib meneladani apa yang telah diajarkan, tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan jika kita mempraktikkan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut merupakan ikhtiar agar tubuh kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk mengetahui kegiatan SMPIT Ar-Ridho selengkapnya dapat mengikuti akun Social Media berikut ini :
Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

Comments
Post a Comment