Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  ADAB PADA SAAT MAKAN DAN MINUM

ADAB PADA SAAT MAKAN DAN MINUM

Dalam melakukan rutinitas setiap hari Rasulullah SAW telah memberikan tauladan untuk bisa dicontoh agar aktivitas yang dapat kita lakukan bernilai kebaikan.
Diantara adab makan dan minum yang bisa kita contoh dalam kehidupan sehari – hari antara lain sebagai berikut :

1. Makan dengan menggunakan tangan kanan

Bagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda : “Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim).

2. Makan dengan posisi duduk

Makan dan minum dalam posisi duduk merupakan posisi yang tepat. Saat kita berada dalam posisi duduk, lambung kita akan bekerja dengan baik dan tidak terganggu. Sebaliknya, kalau kita makan dalam posisi berdiri, proses pencernaan akan terganggu.

3. Membaca basmallah sebelum makan/minum

Berdoa sebelum makan perlu diamalkan agar makanan yang akan masuk ke tubuh menjadi berkah dan menyehatkan. Selain itu, setan tidak akan ikut makan karena sudah berdoa dengan menyebut nama Allah SWT.

4. Mengunyah dengan baik dan tidak tergesa – gesa

Dengan mengunyah tidak tergesa – gesa dan mengubah makanan menjadi partikel kecil yang bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh, maka nutrisi yang masuk ke tubuh pun lebih maksimal. Karena mencerna merupakan tugas tubuh yang berat.

5. Menunggu makanan sampai tidak terlalu panas

Mengonsumsi nasi yang masih panas yang baru saja matang memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak baik untuk penderita diabetes.

6. Hindari meniup makanan dan minuman

Meniup makanan atau minuman, akan terjadi pembentukan senyawa asam karena uap air bergabung dengan karbondioksida dari napas kita. Senyawa asam tersebut akan mengakibatkan keasaman pada makanan naik.

7. Ucapkan hamdallah Ketika selesai makan dan minum

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa telah selesai makan hendaknya dia berdoa,
الحمد لله الذي أطعمني هذا ورزقنه من غير حول مني ولا قوة ‘Alhamdulillâhil-ladzi ath’amani hadza wa razaqqanîhi min ghairi haulin minni walâ quwwatin.’ Niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Abu Dawud)

Sobat Ar-Rudho semoga kita semua selalu Allah berikan kelapangan rizki, kemudahan dalam menjalankan sunnah – sunnah Nabi Muhammad SAW, sehingga kehidupan kita bisa lebih berarti dan mudah – mudahan adab dari etika makan dan minum bisa kita ikuti dalam kehidupan sehari – hari.

Untuk mengetahui kegiatan SMPIT Ar-Rudho selengkapnya dapat mengikuti akun Social Media berikut ini :
Website : www.smpitarrudho.sch.id
Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

Post a Comment