Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  6 manfaat mendoakan orang lain

6 manfaat mendoakan orang lain

Salah satu bentuk komunikasi kita sebagai umat muslim dengan Allah subhanahu wa ta’ala adalah dengan cara berdoa. Biasanya kita berdoa kepada Allah untuk memohon atau meminta hal-hal baik untuk diri kita sendiri, tetapi ternyata jika kita menyelipkan doa-doa terbaik untuk orang lain, maka itu juga akan mendatangkan banyak manfaat untuk diri kita.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Doa seorang Muslim untuk saudaranya dengan tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya (malakun muwakkal). Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu.” (HR Muslim).

Berikut 6 manfaat mendoakan orang lain :

1. Hidup jadi lebih bermakna

Hidup di dunia ini hanya sebentar, untuk itu jangan buang-buang waktu dan manfaatkan waktu yang tersisa dengan menghiasinya dengan perbuatan bermakna. Salah satunya dengan mendoakan orang lain.

Ketahuilah, mendoakan orang lain membuat hidup jauh lebih bermanfaat ketimbang sibuk menyerapahi atau membuka aib buruk orang lain. Dengan mendoakan orang lain, hati pun menjadi sejuk dan tenang karena kamu berupaya untuk menjadi pribadi yang positif.

2. Punya energi positif

Saat kamu mau meluangkan waktu untuk mendoakan orang lain, maka kamu akan memperoleh banyak manfaat dalam hidupmu. Salah satunya kamu akan mendapatkan energi positif yang membuatmu bersemangat dalam menjalani hari. Hal ini disebabkan karena suasana hatimu yang turut bahagia dengan mendoakan orang lain.

Oleh karena itu, ketika kamu bertemu dengan orang lain di jalan seperti pengemis atau petugas kebersihan, maka jangan sungkan untuk melantunkan doa dari lubuk hatimu kepada mereka, misalnya mendoakan mereka agar senantiasa sehat dan lancar rezekinya.

3. Memiliki kepekaan sosial yang tinggi

Saat seseorang senantiasa mendoakan orang lain, maka ia sedang berupaya untuk berdamai dengan egonya. Kenapa demikian? Karena seseorang yang memiliki ego tinggi dan hanya memedulikan diri sendiri, biasanya cenderung untuk tidak mau bersusah payah memikirkan orang lain bahkan sampai mendoakannya.

Untuk itu bersyukurlah bagi kamu yang memiliki kebiasaan positif untuk mau mendoakan orang lain di manapun kamu berada. Perilaku ini akhirnya membentuk karaktermu menjadi seseorang yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan mau peduli dengan sekitar.

Ingat, kamu hidup di dunia ini bukan sendiri melainkan berdampingan dengan orang lain, sudah seharusnya juga memikirkan dan menyelipkan doa terbaikmu untuk orang-orang di sekitarmu.

6 manfaat mendoakan orang lain

4. Hidupmu dipenuhi dengan kebaikan

Setiap kebaikan yang kamu lakukan dengan ikhlas tentu akan mendatangkan balasan berupa kebaikan pula ke dalam hidupmu. Hal ini terjadi karena adanya rida dari Sang Maha Pencipta atas kebaikan yang kamu lakukan pada orang lain.

Saat kamu tulus mendoakan hal-hal baik untuk orang-orang di sekitarmu, maka doa yang kamu panjatkan tersebut juga akan kembali kepadamu. Karena itu jangan menganggap perbuatan mendoakan orang lain sebagai hal yang sia-sia, justru malah akan mendatangkan pahala bagimu.

5. Bisa membahagiakan orang lain

Apa yang kamu rasakan saat melihat orangtuamu bahagia? Tentu kamu pun akan turut senang dan merasa ikut bahagia. Ini karena adanya rasa cinta dan kasih sayang dalam dirimu terhadap orangtua. Begitu juga ketika kamu mau mendoakan orang lain di sekitarmu, kamu berupaya untuk menularkan kebahagiaan kepada orang lain.

Mendoakan orang lain merupakan salah satu contoh berbudi luhur kepada sesama. Selain itu mendoakan orang lain juga bagian dari memuliakan seseorang dengan doa-doa tulusmu di dalam hati. Doakan mereka yang ada di sekitarmu dengan penuh keikhlasan, niscaya dirimu pun akan turut bahagia.

6. Cita-citamu akan terwujud juga

Dengan mendoakan kebaikan dan cita-cita bagi orang lain, berarti kita telah berbuat baik kepada diri kita sendiri dan orang lain. Karena doa kamu bagi orang lain merupakan salah satu sebab terkabulnya doa kita, sehingga semua cita-cita kamu bisa tercapai.

Demikianlah 6 manfaat jika kamu rajin mendoakan orang lain. Jangan pernah merasa rugi dengan mendoakan orang lain. Ketahuilah saat kamu menoreh kebaikan untuk orang lain, maka kebaikan tersebut akan kembali kepadamu lagi.

Smpit Ar-Rudho adalah sekolah islam yang insyaallah bisa melahirkan putra/putri serta mengantarkan siswa dan siswi menjadi anak-anak yang sholeh dan sholeha serta memiliki akhlak yang mulia. Untuk informasi dan insyaallah pengetahuan yang bermanfaat dari Smpit Ar-Rudho bisa dengan cara follow yuk social media Smpit Ar-Rudho berikut :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

 

Post a Comment