Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  5 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Bisa Isi Waktu Liburan Di Rumah

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Bisa Isi Waktu Liburan Di Rumah

Liburan adalah hal yang menyenangkan untuk anak, karena mereka terbebas dari segala tugas-tugas sekolah yang rutin dilakukan. Liburan tentu penting, tidak hanya untuk orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Momen liburan sendiri seringkali dimanfaatkan para orang tua untuk mengajak anak-anak berlibur ke suatu tempat wisata.

Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini tentu saja liburan sekolah kali ini tidak bisa dilakukan dengan keluar rumah atau ke suatu tempat yang ramai, hal ini demi kepentingan bersama dalam mencegah penyebaran virus corona.

Liburan kali ini berbeda dengan liburan tahun kemarin, akan tetapi bukan berarti anak-anak tidak bisa menikmati momen liburan, karena sebenarnya mengisi liburan anak dengan kegiatan yang menyenangkan tidak perlu dengan biaya mahal dan jauh.

Banyak kegiatan positif dan yang bisa dilakukan dan tak kalah menyenangkan. Seperti berikut ini beberapa tips memaksimalkan liburan sekolah dengan kegiatan positif bersama anak-anak di rumah.

 

1.Bercocok tanam di teras dan balkon rumah

Sembari menghitung hari pandemi corona berakhir, anak bisa diperkenalkan dengan kegiatan bercocok tanam. Anda bisa menggunakan bibit buah-buahan, membeli bibit bunga secara online, atau mengajarkan cangkok bunga tertentu yang sudah ada di pekarangan rumah (seperti bunga mawar). Selain menyenangkan dan menghilangkan rasa bosan, berkebun dan bercocok tanam juga mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak. Anak pun bisa belajar ilmu pengetahuan baru mengenai makhluk hidup, serta meningkatkan sense of nature dalam diri mereka.

 

2.Mengajak anak mengerjakan pekerjaan rumah

Mungkin mengerjakan pekerjaan rumah terdengar membosankan. Namun, dalam kondisi lama di rumah selama social distancing wajar saja jika menjaga kebersihan rumah menjadi hal utama. Pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar, merapikan meja belajar, dan mencuci piring dapat dilakukan bersama anak-anak untuk mengisi waktu libur sekolah. Hal ini dapat membantu anda menjalankan pekerjaan rumah hingga selesai dan menanamkan rasa tanggung jawab pada anak untuk menjaga kebersihan. Cara ini juga dapat mengajarkan pada anak untuk lebih terampil dalam hidup mandiri.

 

3.Membuat kerajinan tangan yang lucu

Kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan saat libur sekolah adalah dengan membuat kerajinan tangan yang unik dan lucu. Hal ini juga dapat merangsang kreativitas anak dan membantunya berkembang secara mental, sosial serta emosional. Melalui seni, kemampuan problem-solving anak juga akan terasah. Anda bisa mengajaknya melukis, menggambar, atau membuat kerajinan tangan. Ada banyak sekali video tutorial kerajinan tangan dan kesenian yang bisa anak tiru untuk melatih tumbuh kembangnya, anda juga bisa berpartisipasi dengan memberikan model yang baik untuk mereka. Selain bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu liburan, kegiatan ini juga bisa menjadi cara menghilangkan kebosanan yang menyenangkan.

 

4.Menjelajahi wisata di Indonesia secara virtual

Kegiatan positif terakhir yang bisa menjadi alternatif untuk mengisi hari-hari libur sekolah adalah dengan memanfaatkan teknologi virtual. Yah, mungkin sudah lama berencana ingin berkunjung ke suatu tempat wisata bersama keluarga ketika libur sekolah tiba, tapi terhalang karena pandemi Covid-19. Hal itu bukan berarti anda dan anak-anak tidak bisa melihat tempat wisata yang akan anda kunjungi. Tetapi, melalui teknologi virtual anda bisa menjelajah tempat wisata di seluruh Indonesia. Dengan cara ini juga anda bisa mengenalkan anak-anak berbagai tempat wisata di Indonesia yang populer dan penuh sejarah seperti Candi Borobudur, Tangkuban perahu, bahkan bisa ke luar negri.

5. Bermain board games bersama

Belajar secara intensif, terlebih tanpa bertemu teman-teman dapat membuat jenuh karena otak mereka bekerja keras. Bermain bersama orangtua dapat membuat pikiran mereka rileks. Pilih permainan seru yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Misalnya seperti ular tangga, monopoli, UNO, Jenga, hingga Twister. Selain membuat anak senang, board games ini juga memiliki beberapa manfaat bagi mereka. Seperti menstimulasi otak dengan kreativitas, dapat mengendalikan emosi, belajar berkompetisi secara sehat, dan yang terpenting, bisa mengalihkan anak dari ketergantungan pada gawai.

Itulah beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi liburan sekolah. Meskipun hanya di rumah, Selain mengusir rasa bosan selama di rumah, berbagai kegiatan bermanfaat untuk melatih anak dalam berkreativitas, disiplin dan tanggung jawab. Mana kegiatan positif yang ingin anda lakukan di rumah bersama anak-anak? Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak mencuci tangan yah.

Post a Comment