5 Fakta Menarik Idul Fitri yang Harus Diketahui

Hari Raya idul Fitri merupakan momen yang pastinya ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Ketika umat Islam di seluruh dunia mengucapkan ‘selamat jalan Ramadan’, maka itulah saat ketika mereka bersiap untuk menyambut Idul Fitri, hari raya Muslim yang menandai akhir Bulan Suci.

Ada banyak fakta menarik mengenai Hari Raya Idul Fitri yang harus diketahui. Berikut 5 fakta menarik mengenai Hari Raya Idul Fitri.

1. Hari Rasa Bersyukur kepada Allah SWT

Idul Fitri merupakan hari syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan berkah abadi dan juga telah memberikan kesempatan untuk dapat menikmati bulan suci Ramadhan.

Jadi saat Idul Fitri umat Muslim berterima kasih kepada Allah SWT atas semua rezeki yang telah diberikan.

2. Momen Saling Memaafkan

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen bagi umat muslim untuk saling memaafkan, seperti ungkapan yang terkenal di Indonesia saat momen Idul Fitri yaitu “Mohon maaf lahir batin”.

3. Zakat Fitrah

Saat Hari Raya Idul Fitri biasanya umat muslim akan mengulurkan tangan kepada fakir miskin dan beramal di akhir bulan puasa melalui zakat fitrah.

4. Saling Bertukar Hadiah

Pada kesempatan Idul Fitri ini, biasanya orang-orang akan saling memberikan hadiah berupa aksesori, uang, bunga, dan permen dengan ucapan Idul Fitri.

Hadiah ini disebut “Eidi” atau di Indonesia disebut Tunjangan Hari Raya (THR).

5. Dikenal dengan Nama yang Berbeda di Berbagai Negara

Hari Raya Idul Fitri memiliki nama yang berbeda di berbagai Negara, Seperti Idul Fitri yang juga dikenal sebagai “Ramazan Bairami” di Azerbaijan, “Lebaran” di Indonesia, “Korite” di Senegal, “Hari Raya Puasa” di Malaysia.*
Keanekaragaman lain contohnya adalah “Mutlu Bayramlar” dalam bahasa Turki dan “Barka da Sallah” dalam bahasa Hausa, bahasa Nigeria.