Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  5 Cara Kembangkan Minat dan Bakat pada Anak
minat dan bakat anak

5 Cara Kembangkan Minat dan Bakat pada Anak

 

Minat dan bakat adalah dua hal yang berkaitan penting terhadap potensi yang dimiliki setiap orang. Bakat adalah suatu keahlian atau kepandaian seseorang yang telah dimilikinya sejak  lahir. Bakat merupakan kemampuan atau keahlian yang telah melekat pada diri seseorang sejak lahirnya, seseorang dapat mempelajari sesuatu dengan cepat dan dapat memperoleh hasil yang baik jika sesuai dengan bakatnya.

Setiap individu mempunyai bakat yang berbeda-beda, seperti bakat menulis, menyanyi, menggambar dan sebagainnya.  Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi perkembangan bakat seseorang, seperti lingkungan sekitar, pendidikannya, ataupun dari syaraf motoriknya sendiri.

Sedangkan minat adalah rasa ketertarikan seseorang terhadap rangsangan. Minat merupakan suatu dorongan atau keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu yang menjadi keinginannya, dari minat seseorang bisa menemukan bakat mereka, dari suatu ketertarikan untuk melakukan suatu yang akan menimbulkan rasa gemar dan enjoy saat melakukan suatu yang telah menjadi minatnya tersebut.

Kunci utama agar perkembangan minat dan bakat anak terstimulasi adalah karena adanya minat dan bakat yang dimiliki terpisah dari anak. Perlu diketahui bahwa minat merupakan ketertarikan akan suatu hal. Adapun bakat yaitu suatu kemampuan yang berasal dalam diri dan karena kemampuan tersebut maka akan tercipta suatu kreativitas.

Dalam penemuan dan pengembangan bakat anak maka diperlukan peran orang tua yang mampu mengenali minat dan bakat anak. Untuk mendukung bakat dan minat anak maka orang tua harus memfasilitasi, mengapresiasi dan juga menyiapkan lingkungan  yang diperlukan untuk proses pengembangan potensi minat dan bakat anak.

 

Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengetahui bakat anak yaitu dengan observasi, konsultasi dan trial and error. Berikut 5 cara kembangkan minat bakat pada anak. Cara-cara tersebut digunakan berdasarkan usia, kondisi dan juga sikap anak :

1. Membuka Wawasan Anak

 Dalam hal ini orang tua harus membagikan pengalaman kepada anak mereka, agar anak memiliki pengetahahuan yang belum diketahui sebelumnya. Dengan begitu anak akan memiliki pemikiran yang luas dan juga anak tidak hanya memperoleh pengetahuan dari sekolah. Mereka bisa mengenal dunia dengan luas karena memperoleh wawasan dari berbagai sumber. Selain itu, orang tua juga bisa mengajak anak untuk jalan-jalan, mengunjungi tempat bersejarah, rekreasi dan masih banyak lagi.

12345

 

2. Apresiasi Kegiatan Anak

 

Orang tua harus memberikan apresiasi kepada anak agar anak menjadi lebih percaya diri terhadap apa yang mereka lakukan, meskipun sesuatu yang dihasilkan anak tidak terlalu sempurna, tetapi adanya apresiasi dari orang sekitar akan membuat anak semakin bersemangat dan terdorong untuk melakukan hal yang lebih maksimal dari sebelumnya. Berilah apresiasi kepada anak yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

 

3. Memperkaya Ilmu

 

Orang tua pasti menginginkan bakat dan minat anak-anaknya dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu orang tua juga harus mengambil peran utama dalam memaksimalkan proses ini. Orang tua harus membantu anak untuk menggali lebih dalam ilmunya dengan cara memberikan variasi dengan hal-hal lain. Dengan begitu anak akan terfokus pada hal yang mereka minati dan wawasan mereka juga semaki luas.

 

 

 

4. Menghasilkan Karya

 

Kegiatan konsumsi biasanya menjadi salah satu pusat bagi minat anak. Anak hanya menerima informasi dari luar dan mencernanya ke dalam. Tetapi jika hanya menerima informasi saja maka minat dan bakat anak tidak akan berkembang secara maksimal. Orang tua harus mengajak anak-anaknya untuk membuat suatu kreativitas agar minat dan bakat anak menjadi maksimal. Dengan menghasilkan sebuah karya maka bakat yang mereka miliki akan tersalurkan menjadi sebuah hal yang berguna, baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

 

5. Memfasilitasi Minat dan Bakat

 

Dikemudan hari anak akan menunjukkan ketertarikannya pada hal-hal tertentu, dengan begitu orang tua juga harus memberikan fasilitas agar minat dan bakat anak dapat berkembang dengan baik. Tantangan terbesar dalam hal ini yaitu orang tua harus mencari titik temu antara minat dan bakat yang dimiliki anak. Tidak perlu memaksakan diri jika mengalami keterbatasan kondisi. Orang tua bisa melakukan kreativitas sebagai jalan alteratif untuk tetap bisa memenuhi fasilitas minat dan bakat anak.

 

Nah, itu dia cara kembangkan minat dan bakat pada anak ya sobat Ar-Rudho semoga kita semua bisa menerapkan cara-cara tersebut J  Untuk informasi lebih lanjut yuk follow social media Smpit Ar-Rudho berikut :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

Post a Comment