Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

11 Cara Belajar yang Baik dan Efektif

11 Cara Belajar yang Baik dan Efektif

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Pada umumnya belajar dilakukan di tempat-tempat pembelajaran. Seperti taman kanak-kanak, sekolah, universitas, maupun lembaga-lembaga pendidikan lainya. Belajar yang baik dan benar tidak dilakukan terburu-buru. Melainkan secara bertahap, agar materi yang kita pelajari lebih mudah kita mengerti.

Dalam agama islam menganjurkan tiap-tiap pemeluknya supaya terus menuntut pelajaran. Berikut ini adalah hadist yang membahas tentang anjuran memahami ilmu.

طَلَبُا لْعِلْمِفَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : “Mencari ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan” (HR. Ibnu Abdil Barr).

Dalam belajar, tiap orang pastinya mempunyai teknik atau teknik yang tidak sama. Ada yang belajar menggunakan cara membaca, ada juga yang belajar menggunakan cara menulis, ada pula yang belajar dengan mendengarkan, serta ada yang belajar dengan cara melihat.

Supaya bisa mendapat gaya belajar secara benar dan juga baik, pasti ada kiat-kiat dan triknya. Dibawah ini merupakan sistem agar belajar menjadi semakin efisien dan juga semakin bagus:

1. Berdoa.
Sebelum kita mulai kegiatan belajar, hendaknya berdo’a terlebih dahulu ke Allah SWT sehingga saat belajar kita diberikan kemudahan saat mempelajari dan diberikan kelancaran dalam belajar. Kita tidak akan bisa melakukan apapun jika bukan karena digerakan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu kita diwajibkan berdo’a lebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar kawan-kawan.

2. Memilih waktu yang pas.

Memilih waktu yang ideal juga begitu meningkatkan kecakapan belajar. Jika belajar pada waktu tidak mood atau banyak pikiran, secara otomatis otak akan kesulitan mempelajari atau menyerap ilmu yang dipelajari. Waktu yang ideal untuk belajar ialah kala pagi hari, karena kondisi raga belajar teman-teman masih dalam keadaan segar dan akal kita belum banyak memikirkan kepentingan rumit.

3. Buatlah suasana belajar yang nyaman.
Berikutnya adalah membangun suasana belajar yang tenang. Bagaimana membangun suasana yang nyaman untuk belajar itu? Betul, suasana yang tenang merupakan situasi yang bisa membuat kawan-kawan fokus dan mudah untuk berkonsentrasi. Contohnya suasana belajar yang nyaman yaitu tempat belajar wangi dan bersih, tidak dalam suasana berisik, temperatur ruangan yang pas, dan lain sebagainya.

4. Membaca adalah kunci utama dalam belajar.
Dengan membaca kita akan memperoleh ilmu dari sesuatu yang kita baca. Seorang suka membaca pastilah akan memperoleh ilmu yang lebih dibanding dengan mereka yang tidak gemar membaca. Jadi, mulai sejak dini biasakan untuk hobi membaca. Karena membaca akan mempermudah kamu dalam memahami suatu ilmu.

5. Setelah membaca, pahami apa yang telah kamu baca.
Berikutnya setelah membaca buku, koran, majalah, artikel atau media apapun itu, selanjutnya adalah memahami isi dari buku atau media yang kamu baca tersebut. Mengapa harus memahaminya ? Karena kalau teman-teman menghafal semua isi buku, koran, majalah, artikel atau media yang kawan-kawan baca itu akan lebih susah.

6. Hafalkan kata kuncinya.
Kamu hanya perlu menghafal poin-poin pentingnya saja dari buku, koran, majalah atau media yang kawan-kawan yang telah baca serta pahami tadi. Dengan kita menghafal hal-hal pentingnya saja, mungkin kamu nantinya dapat menyimpulkan sendiri apa arti dari buku, koran atau media yang telah kita baca dan pahami sebelumnya.

7. Catat poin pentingnya.
Paling tidak, kita menulis poin-poin penting yang sudah teman-teman hafal tadi. Karena daya ingat manusia tentu terdapat batasannya. Serta manusia tidak akan terlepas dari lupa serta dosa. Jadi, jika lupa tantang apa yang kamu baca serta pahami sebelumnya, masih bisa melihatnya lagi tidak perlu membaca ulang buku, koran, majalah, artikel atau media sebelumnya.

8. Berikan waktu istirahat dalam belajar.
Tubuh dan juga otak kita pastinya akan lemas jika terlalu berlebihan. Maka dari itu saat teman-teman belajar, berilah waktu untuk diri teman-teman istirahat. Hal ini digunakan sebagai mengistirahatkan aktivitas tubuh dan juga otak kawan-kawan untuk setelahnya tetap bisa belajar dengan efektif serta baik.

9. Belajar kelompok.

Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

10. Bertanya jika kurang paham.
Ketika menemui kendala pada saat belajar, bertanyalah ke guru atau teman yang mengerti.

11. Pantang Menyerah

Jika semua sudah dilakukan dan masih belum mencapai target, bukan berati gagal. Ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah bisa jika tidak membuat kesalahan. Tetap percaya diri dan terus berusaha. Tetap tenang dan pantang menyerah. Tidak ada jalan pintas dalam hidup. Begitu juga dengan mengejar sebuah impian, tidak ada jalan pintas untuk meraih impianmu. Maka jangan pernah menyerah untuk terus belajar.

Post a Comment