Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Terbaik: smpit ar rudho

10 Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Terbaik

SMP adalah jenjang sekolah menengah pertama yang sudah menjadi jenjang pendidikan wajib belajar. Saat memilih SMP untuk anak, orang tua bisa memilih SMP umum atau SMP Islam Terpadu yang biasa disebut SMP IT. Saat ini banyak sekali sekolah yang tersedia untuk anak-anak. Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, cara pengajaran, serta nilai-nilai yang berbeda.

Sebagai orang tua, memastikan anak mendapatkan pendidikan terbaik adalah salah satu cara untuk menunjukkan kaasih sayang secara tidak langsung. Namun, terkadang banyak orang tua kesulitan untuk mencari sekolah terbaik karena banyaknya fasilitas pendidikan di luar sana.

Berikut adalah 10 tips penting memilih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) terbaik:

1. Lokasi sekolah dekat dengan rumah

Usia anak SMP adalah usia yang masih belum bisa disebut dewasa. Oleh sebab itu mempertimbangkan lokasi sekolah sebaiknya dekat dengan rumah, apalagi pemerintah Indonesia sudah mengembangkan sistem penerimaan murid berdasarkan zonasi. Sehingga anak Anda tidak terlambat masuk sekolah dan berangkat pun tidak terburu-buru.

2. Akreditasi Sekolah

Sekolah yang memiliki akreditasi A tentunya akan meningkatkan peluang anak Anda untuk dapat diterima di SMA unggulan yang juga mempunyai nilai akreditasi A. Sekolah-sekolah yang mempunyai nilai akreditasi bagus biasanya juga dilengkapi dengan guru-guru dan fasilitas sekolah yang memadai.

3. Kualitas Pembelajaran Agama

Hal yang membedakan SMP IT dengan SMP umum adalah materi pembelajaran agamanya. Pastikan orang tua memilih SMP IT yang memberi kualitas pembelajaran materi agama yang terbaik untuk anak Anda.

4. Kegiatan pembelajaran

Tips memilih SMP IT yang tepat selanjutnya adalah melihat kegiatan pembelajaran apa saja yang akan didapatkan jika anak Anda bersekolah disana. Pilihlah SMP IT yang memberi kegiatan pembelajaran yang bermanfaat, terutama dalam ilmu agama.

5. Fasilitas Sekolah

Dengan jam waktu dan kegiatan yang lebih panjang dibanding di SMP umum, maka orang tua harus memastikan bahwa SMP IT yang dipilih untuk anak memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung proses pembelajaran anak. Baik fasilitas fisik maupun fasilitas mentalnya. Ada mushola, lapangan olahraga, perpustakaan, koperasi siswa,dan laboratorium. Namun juga harus kental bimbingan moral spiritualnya. Ini adalah tugas guru lewat kegiatan-kegiatan khusus.

6. Budaya dan Lingkungan Sekolah

Dengan mendaftarkan anak ke SMP IT, tentu orang tua ingin agar anak memiliki akhlak yang baik. Hal ini dapat didukung dengan budaya dan lingkungan sekolah yang baik dan religius. Pastikan juga lingkungan sekitar sekolah yang dipilih bebas dari polusi dan aman. Polusi ini bisa berarti polusi suara dari lalu lalang kendaraan, bisa juga polusi udara akibat dekat tempat pembuangan sampah atau daerah operasional pabrik. Sekolah yang asri bisa menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih SMP yang tepat bagi anak.

7. Lihat Pilihan Ekstrakurikulernya

Ekstra ini sangat penting untuk pengembangan diri diluar prestasi akademik. Memilih sekolah dengan ekstrakulikuler yang sesuai dengan minat sangat bermanfaat untuk mengasah bakat yang dimiliki si kecil. Selain itu, kegiatan diluar belajar terbukti bisa membuat anak-anak lebih kerasan bersekolah disana. Kegiatan ekstra kurikuler ini bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kepribadian anak diluar lingkup akademis.

8. Lihat profil sekolahnya

Apa prestasinya, bagaimana kualifikasi gurunya, dan apa saja yang menjadi program unggulannya.

9. Kualitas para guru

Untuk memastikan anak mendapatkan ilmu dan pembelajaran terbaik, pastikan orang tua memilih SMP IT yang memiliki guru-guru yang kompeten dibidangnya, terutama dalam bidang ilmu agama.

10. Kurikulum Sekolah

Kamu juga perlu mempertimbangkan kurikulum sekolah yang ada di SMP IT tersebut. Pilihlah SMP IT yang menggunakan kurikulum yang sesuai untuk membentuk akhlak dan kecerdasan anak Kamu.

Kesimpulan 

Itulah 10 tips memilih SMP Islam Terpadu yang tepat untuk anak Anda agar bisa mendapatkan kualitas pengajaran yang terbaik. Apakah SMP IT incaran Anda apakah sudah memenuhi semua kriteria tersebut? Pastikan secepatnya, karena tahun ajaran baru masuk SMP sedang berlangsung, dan SMP Islam Terpadu Ar-Rudho sudah memenuhi 10 kriteria diatas.

Segera daftar ke SMP Islam Terpadu Ar-Rudho di link ini atau (Daftar disini). Sampai jumpa di SMP Islam Terpadu Ar-Rudho.

Post a Comment