Membentuk generasi muslim yang cerdas, berprestasi bertaqwa berahlak mulia dan berdaya guna bagi agama, bangsa dan negara.

SMPIT AR-RUDHO

  /  Artikel   /  10 Cara Mengajarkan Anak Melatih Tanggung Jawab

10 Cara Mengajarkan Anak Melatih Tanggung Jawab

Arti dari tanggung jawab bisa memiliki arti lebih dari sekedar “bertanggung-jawab.” Sikap ini tergantung terhadap diri sendiri bagaimana cara seseorang untuk memperlakukan orang lain, menepati janji dan komitmen, dan mau mengakui kesalahannya kepada orang lain termasuk keluarga. Pada prinsipnya, rasa tanggung jawab bisa didapatkan si kecil saat di sekolah maupun di rumah, karena memang hal ini sangat penting untuk diajarkan kepadanya.

tanggung jawab merupakan salah satu hal yang penting diajarkan kepada anak sejak dini. Dengan mengajarkan sikap tanggung jawab, anak akan menjadi pribadi yang percaya diri dan dapat diandalkan sehingga Bunda dan Ayah nantinya akan jarang direpotkan. Lalu, bagaimana melatih kebiasaan bertanggung jawab pada anak?

Berikut ini yang bisa orangtua lakukan untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak.

1. Beri tugas sesuai usia

Untuk pembelajaran pertama,beri tugas-tuas sederhana pada anak sesuai usianya. Entah itu merapikan tempat tidur, menjaga mainannya sendiri, mencuci kaus kaki atau mencuci piring yang sudah ia gunakan setelah makan. Sesuaikan dengan kemampuan anak.

2. Ajaklah mereka untuk membantu pekerjaan rumah

Saat tengah menyiapkan makan malam atau membersihkan rumah, Ayah atau Bunda bisa melibatkan si kecil untuk membantu hal-hal sederhana seperti menyapu lantai atau membereskan koran dan majalah yang berserakan. Jangan langsung mengharapkan hasil yang baik, ya, tapi hargai bagaimana si kecil mau terlibat dan belajar.

3. Latihlah dengan hal yang dekat dengannya

Hal mudah yang bisa orangtua lakukan adalah memberikannya tugas kecil seperti saat ia ingin makan, maka ia bisa mengambil makanan dan mencuci piringnya setelah selesai makan. Selain itu, saat ia selesai pulang sekolah dan berganti baju, bimbinglah dia untuk menaruh pakaian kotornya pada mesin cuci. Tentunya semakin ia dewasa nantinya ia akan lebih terbiasa dengan tugas-tugas kecil ini.

4. Hargai proses yang mereka lakukan

Anak kecil pastinya akan suka bergabung dengan orang lain. Biasanya mereka lebih suka membantu karena ia akan merasa bermain daripada bekerja. Jadi selalu usahakan setelah ia selesai mengerjakan kewajibannya, maka berilah sebuah pujian agar ia merasa dihargai.

5. Hindari memberikan hadiah

Belajar bertanggung jawab bukan berarti selalu diberikan hadiah. Jangan biarkan kebiasaan ini hanya akan membuatnya mau melakukan sesuatu hanya karena ada imbalan. Jika memberikannya hadiah, yang ada ia akan melakukan tanggung jawab yang dibayar. Jika tetap ingin memberinya hadiah, maka bisa memberikannya selain di luar kewajibannya dalam bertanggung jawab.

6. Beri pujian

Setelah ia melakukan tugasnya dengan baik, beri pujian untuk memberinya semangat dan merasa dihargai. Dengan begini, ia tahu apa yang ia lakukan berarti dan tidak sia-sia. Pujian akan memberinya motivasi untuk melakukan hal lebih baik.

 

7. Ajarkan tentang Konsekuensi

Orangtua juga perlu menjelaskan tentang konsekuensi yang akan dihadapi anak jika ia tidak menjalankan tugas. Konsekuensi atau risiko yang jelas akan menjadi ‘ancaman’ bagi anak untuk melalaikan tanggung jawabnya.

8. Jangan memaksa

Anak perlu pembiasaan ketika menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Jangan memaksakan kehendak apalagi marah-marah. Anak hanya mau melakukan apa yang diperintah karena ketakutan, bukan tertanam baik di dalam dirinya. Ajarkan setiap hal dengan perlahan namun tegas.

9. Sabar

Ini harus dimiliki setiap orangtua. Sabar mendidik anak dan membiasakan banyak hal baik padanya. Perlu waktu agar ia paham dan terbiasa menyelesaikan tugasnya.

10. Jadilah contoh yang baik

Setiap orang tua tentu selalu dianjurkan untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, tak terkecuali dalam hal mengajarkan sikap tanggung jawab. Orangtua  dapat memberinya contoh sikap tanggung jawab, misalnya dengan selalu tepat waktu menjemput anak atau menepati janji mengajak jalan-jalan saat akhir pekan.

Nah, itu dia 10 Cara Mengajarkan Anak Melatih Bertanggung Jawab semoga kita semua bisa menerapkan cara-cara tersebut. Untuk informasi lebih lanjut yuk follow social media Smpit Ar-Rudho berikut :

Instagram : @smpitarrudho
Facebook : @smpislamterpaduarrudho
Youtube : SMPIT AR-RUDHO
Telephone : 081318784004 / 021-8649354

 

 

 

Post a Comment